4 Cara Jitu Mempercepat Koneksi Internet

koneksi internet

Internet sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari manusia abad ke 21, bahkan hampir semua orang setiap hari selalu bersinggungan dengan internet mulai dari komunikasi, membeli barang, sampai pada saat bekerja.

Hal ini kemudian akan menjadi masalah jika koneksi internet menjadi lambat, beberapa orang sering kebingungan untuk kembali mendapatkan koneksi yang stabil.

 

Cara Jitu Mempercepat Koneksi Internet

Apakah Anda salah satu orang yang sering mengalami hal seperti ini? Melalui cara dibawah ini, masalah koneksi internet akan segera teratasi.

 

  1. Hapus Cache

Jika sebelumnya Anda bisa mengakses internet dengan kecepatan yang stabil kemudian melambat, Anda bisa mencoba untuk menghapus cache yang tersimpan akibat aktivitas kita sebelumnya.

Chache merupakan sekumpulan data yang tersimpan karena menggunakan perangkat tersebut. Semakin banyak cache yang tersimpan akan membuat perangkat menjadi lamban karena memori yang tersisa jadi sedikit.

Untuk mengatasinya kita bisa menghapus cache yang bisa Anda lakukan pada menu setting. Lakukan hal ini secara berkala, atau minimal ketika perangkat Anda menunjukan aktivitas yang tidak stabil.

  1. Memasang Penguat Sinyal

Coba Anda perhatikan, apakah internet yang lamban terjadi ketika diposisi tertentu, misalnya dirumah. Jika iya, itu berarti masalah terdapat pada sinyal yang tidak bisa ditangkap dengan baik oleh perangkat.

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan mengakses internet dari lokasi yang memiliki sinyal cukup kuat. Namun jika hal ini cukup merepotkan, Anda bisa menggunakan penguat sinyal untuk mengatasi hal ini.

Cara kerjanya sama seperti ketika kita mengunakan parabola untuk menangkap sinyal saluran tv. Hanya saja, media yang kita gunakan bisa berupa kaleng atau media lain yang dilekatkan pada lempengan modem. Anda bisa mencari toturialnya di Youtube agar lebih mudah dalam mengaplikasikannya.

  1. Hindari Overheat

Terjadinya pelambanan internet bisa dikarenakan oleh banyak hal, salah satunya yaitu perangkat yang terlalu panah akibat kinerja yang keras. Untuk mengatasinya kita bisa mengakses internet pada saat perangkat tidak terlalu panas.

Atau jika Anda ingin selalu terhubung dengan internet meski perangkat sedang dalam kondisi panas, Anda bisa menggunakan pendingin untuk meringankan suhu perangkat. Cooling pad atau kipas laptop bisa menjadi solusi yang cerdas.

Namun kinerja yang berlebih juga bisa terjadi pada modem yang Anda gunakan untuk mengakses internet. Jika memang overheat terjadi pada modem, Anda bisa menjauhkan modem dengan laptop atau PC dengan menambah kabel sub sehingga modem dan PC sedikit berjauhan yang akhirnya dapat membuat koneksi internet kembali stabil.

  1. Hapus Aplikasi

Sama seperti cache, jika aplikasi yang kamu gunakan terlalu banyak membuat kinerja perangkat kurang maksimal yang akhirnya membuat koneksi internet menjadi tidak stabil.

Apakah perangkat Anda ada notifikasi memori penuh akibat banyaknya aplikasi yang dipasang? Jika iya, cobalah untuk menghapus beberapa aplikasi untuk menyediakan ruang kosong agar perangkat memiliki kinerja yang lebih baik.

Mulailah menghapus aplikasi yang tidak terlalu sering Anda gunakan atau bahkan hanya diam di perangkat Anda. Minimal Anda harus menyiasakan 15% dari jumlah memori yang tersedia.

Cara diatas bisa Anda lakukan dengan catatan masalah terjadi bukan pada provider penyedia jaringan internet, namun pada perangkat Anda atau sebaliknya, karena kedua masalah tersebut memiliki cara mengatasi yang berbeda-beda. Temukan dimana letak permasalahannya dan mulailah memperbaiki hal tersebut dari masalah yang ada. Semoga bermanfaat.